Senin, 14 Juni 2010

Menjadi Muslimah itu Luar Biasa


Tak perlu bersedih menjadi seorang muslimah. Berbanggalah! Setiap wanita muslim begitu istimewa, sangat penting, dan memiliki andil dalam konstelasi kehidupan. Mereka mempunyai sifat-sifat luar biasa. Dikira lemah, sebenarnya mereka kuat. Disangka tak berdaya, sejatinya mereka digdaya.

Tak percaya? Tengoklah para wanita muslim yang hidup di setiap negara. Mereka menghadapi setiap dilema dan tantangan yang berbeda-beda. Sehingga setiap muslimah di penjuru dunia memiliki karakteristik positif yang bervariasi.

Para muslimah di benua Afrika menjadi sangat pemberani. Muslimah di Palestina begitu sabar dan tabah. Muslimah di negara-negara Asia sangat ulet dan gigih. Para muslimah di Rusia atau di negara-negara pecahan Rusia sungguh berdedikasi dan ‘bertenaga’. Dan muslimah di negara-negara Barat sangat ‘kuat’, karena biasa ditempa stigma dan berbagai intimidasi.

Wanita diciptakan Allah SWT sebagai ‘poros’ kehidupan. Mereka dibebani misi untuk berjuang menjaga keseimbangan, harmoni, kedamaian, dan cinta di setiap unit keluarga. Namun, mereka juga berjuang keras untuk mendidik diri mereka dan memanjakan segenap potensi individu mereka. Mereka memang terbingkai dalam kelemahlembutan kepada orang-orang kecil dan lemah, namun mampu berbicara penuh keberanian dalam menghadapi orang-orang ‘kuat’ dan tiran.

...Wanita diciptakan Allah SWT sebagai ‘poros’ kehidupan. Mereka dibebani misi untuk berjuang menjaga keseimbangan, harmoni, kedamaian, dan cinta di setiap unit keluarga...

Betapa banyak wanita yang harus menanggung beragam dampak peperangan, gempa bumi, kelaparan, masa paceklik, dan bencana-bencana tak berkesudahan, namun mereka sanggup bertahan dan membalikkan keadaan. Dalam artian, mereka sanggup mengubah ketidaknyamanan menjadi sebuah kenyamanan. Tak heran, terkadang hanya wanitalah yang sanggup menjaga keutuhan keluarga dan membuat sebuah komunitas menjadi penuh harapan.

Segenap elemen yang mendasari kerja-kerja inti sebuah kehidupan dapat ditemukan di dalam diri seorang wanita. Dia memegang kunci dalam pengembangan wawasan, kreativitas, bakat, dan pencapaian kesuksesan. Semua ini tentang kapasitas seorang wanita untuk mencintai, memberi, memaafkan, menyibak rintangan, dan berjuang melayani potensi diri sebagai individu.

Namun yang terpenting, seorang wanita muslim adalah hamba Allah Yang Maha Kuasa. Ketika dia patuh kepada Allah dan Rasul-Nya, maka dia lebih bernilai dari wanita mana pun dan sangat dibanggakan, meski kadang dunia tak mampu mengakui mereka secara definitif. Namun pastinya, seorang muslimah memiliki nilai intrinsik di dunia yang acapkali membentangkan tantangan demi tantangan merintangi jalannya.

... para muslimah tak perlu menjadi orang lain. Tetaplah menjadi muslimah. Dan tak perlu juga meniru yang lain di luar komunitas mereka...

Dengan demikian, para muslimah tak perlu menjadi orang lain. Tetaplah menjadi muslimah. Dan tak perlu juga meniru yang lain di luar komunitas mereka. Teladanilah para pendahulu mereka yang terbaik. Karena kalian memang luar biasa! [ganna pryadha/voa-islam.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar